Telapak Kaki Bayi Dingin, Apa Ya Moms Penyebabnya dan Berbahayakah?

Blogs ● Telapak Kaki Bayi Dingin, Apa Ya Moms Penyebabnya dan Berbah..


Mumsandbabes -

Diposting : 09 Dec 2018

Sering kali orangtua mendapatkan telapak kaki bayinya dingin, kemudian akan timbul kekhawatiran tersendiri pada orangtua.

Masalah seperti itu memang sering terdengar dari orangtua yang baru mendapatkan bayi, tapi seharusnya Moms tidak langsung panik saat telapak kaki bayi dingin.

Bahkan, dari beberapa Moms yang mengalaminya juga pernah menceritakan jika telapak kaki bayi dingin bisa sampai membuat kaki bayi menjadi ungu.

Penyebab dari telapak kaki bayi dingin bahkan sampai berwarna ungu itu karena sistem sirkulasi pada bayi belum matang.

"Kaki bayi bisa dingin bahkan sampai berwarna biru keungunan itu karena sistem sirkulasi belum matang sehingga menyebabkan keterlambatan dalam gerakan darah ke ekstremitas," ujar dokter anak, Daniel Ganjian, M.D.

Kendati hal itu normal dan sering terjadi pada bayi baru lahir, Dr. Ganjian tetap menyarankan untuk Moms memeriksa kaki bayi yang dingin.

"Pastikan tidak ada sesuatu yang terlihat yang menyebabkan penurunan sirkulasi. Seperti lilitan tali atau perhiasan yang mungkin memutar di pergelangan kaki bayi yang dapat menghambat aliran darah," saran Ganjian dikutip dari situs Romper.

Begitu pun jika bayi ada kondisi sebaliknya, yaitu ketika badan bayi seluruhnya terasa dingin, tapi tidak dengan bagian kakinya yang justru terasa hangat.

Hal itu semua disebabkan oleh sistem sirkulasi bayi yang masih berkembang.

"Darah lebih sering dialirkan ke organ dan sistem vital yang paling dibutuhkan. Tangan dan kakinya adalah bagian tubuh terakhir untuk mendapatkan suplai darah yang baik," kata Ganjian.

"Bisa memakan waktu hingga tiga bulan untuk peredarannya agar beradaptasi sepenuhnya dengan kehidupan di luar rahim," lanjutnya.

Source : Romper



Our Brands

Lihat Semua




Follow Us





Top