Inilah Alasannya Mengapa Ice Cream Dapat Membuat Mood Lebih Baik

Blogs ● Inilah Alasannya Mengapa Ice Cream Dapat Membuat Mood Lebih ..


Mumsandbabes -

Diposting : 27 Oct 2018

Moms, rasanya tidak mungkin bila seseorang tidak menyukai es krim yang manis dan dingin. Es Krim ternyata dapat menghasilkan serangkaian respons fisik dan emosional pada sebagian besar orang lo. Pasti Moms pernah merasakan perasaan bahagia saat menghabiskan satu es krim.

Beberapa peneliti mengatakan, mood dapat dengan sendirinya meningkat dengan atau tanpa makanan, misalnya beberapa saat setelah kita merasakan amarah. Sehingga es krim dapat dikatakan sebagai pereda emosi. Terutama bagi anak usia remaja, atau bahkan Moms yang seringkali moody.

Menurut Psikolog Ayoe Soetomo, dalam acara Peluncuran Joyday Ice Cream, beberapa waktu lalu di Jakarta Selatan, usia remaja sangat rentan mengalami mood swing atau perubahan mood mendadak. Menurut Ayoe, bila ingin mencari kebahagiaan dan meningkatkan mood, carilah apa yang kita sukai.

"Kalau membahas bagaimana mencari happines atau kebahagiaan kemudian meningkatkan mood, memang level pertama mencari kenikmatan dan kenyamanan saat beraktivitas, itu salah satunya makan makanan yang kita suka atau aktivitas yang kita suka," tandasnya.

Saat mengonsumsi apa yang kita suka, misalnya es krim, bagian otak tertentu merespon emosi positif dengan sangat baik.

Tubuh jadi lebih berenergi

Es krim mengandung protein, yang terdiri dari asam amino. Asam amino yang kita dapatkan ketika makan es krim dapat mempengaruhi suasana hati. Es krim yang kaya protein meningkatkan kemungkinan meningkatkan kadar tirosin di otak. Tirosin adalah neurotransmitter yang meningkatkan kadar dopamin dan norepinefrin di dalam tubuh kita, menurut Franklin Institute. Hasilnya ialah kita lebih waspada dan lebih berenergi.

Memiliki efek menenangkan

Neurotransmitter adalah pembawa pesan kimia yang sensitif yang hanya membutuhkan lingkungan yang tepat untuk memicu pelepasannya. Tryptophan adalah asam amino dalam produk susu yang mengarah ke suasana hati yang tenang dengan meningkatkan produksi serotonin, menurut University of Maryland Medical Center. Hal ini diketahui dapat membantu kita rileks dan tidur lebih baik. Tidak hanya itu mengonsumsi es krim juga dapat memberikan manfaat lain bagi tubuh, lebih dari sekedar memperbaiki suasana hati.

Sumber karbohidrat, protein, lemak, bantu sintesis energi.

Es krim dapat menjadi sumber karbohidrat, protein, dan lemak yang dapat membantu proses sintesis energi. Seperti yang dikutip dari situs Newsweek, sebuah penelitian yang dilakukan Yoshihiko Koga, seorang profesor dari Universitas Kyorin, Tokyo, membuktikan jika mengonsumsi makanan dingin seperti es krim sesaat setelah terbangun dapat memberikan stimulus pada otak menjadi lebih aktif, meningkatkan kewaspadaan dan kapasitas mental.

Bagi Moms yang gemar es krim, manfaat-manfaat tersebut bisa diperoleh asalkan mengonsumsinya dengan bijaksana, alias dalam porsi yang sehat dan wajar.

Idealnya es krim dikonsumsi dalam porsi setengah cup atau dengan ukuran separuh bola baseball. Konsumsi juga dalam frekuensi yang wajar. "Kalau berbicara mengenai mood anak remaja, perubahan fisik hormon tidak stabil kemudian perubahan peran sosial, mereka bukan anak kecil lagi tapi dibilang sudah dewasa juga belum sampai kesana, sehingga berpengaruh terhadap emosi dan itu sangat wajar terjadi," ungkap Ayoe.

Source : Nakita Grid



Our Brands

Lihat Semua




Follow Us





Top