Ingin Tahu Berapa Banyak Orang yang Berulang Tahun Sama dengan Kita? Ini Caranya!

Blogs ● Ingin Tahu Berapa Banyak Orang yang Berulang Tahun Sama deng..


Mumsandbabes -

Diposting : 08 May 2018

Ingin Tahu Berapa Banyak Orang yang Berulang Tahun Sama dengan Kita? Ini Caranya!

Populasi manusia dunia makin hari makin membludak. Makin banyak orang lahir, walau tak sedikit orang yang meninggal. Hari kelahiran di beberapa negara dijadikan hari yang selalu dinanti dan bahkan dirayakan.

Di hari tersebut, seseorang akan mendapat doa dan juga kado dari keluarga serta orang terdekat. Saat kita berulang tahun, tak disangka ternyata banyak juga yang sedang merayakan hari ulang tahun di saat itu. Artinya tanggal kelahiran mereka dan kita sama. Lalu, kira-kira, ada berapa banyak orang yang merayakan ulang tahun di hari yang sama?

Rumus Sederhana

Mencari tahu tanggal lahir orang terkenal mungkin mudah. Kita bisa mencarinya di internet. Namun, bagaimana cara mencari tahu hari ulang orang lain yang tidak terkenal? Padahal jumlah penduduk Bumi ada 7,6 miliar! Kita bisa menggunakan rumus sederhana.

Caranya, jumlah penduduk Bumi dibagi jumlah hari dalam setahun. Jadinya seperti ini!

7.600.000.000 (jumlah penduduk Bumi) : 365 (jumlah hari dalam setahun) = 20.821.917 (jumlah orang yang merayakan ulang tahun di hari yang sama). Bagaimana Kalau Hanya Penduduk Indonesia?

Caranya sama saja! Kita hanya perlu mengubah jumlah penduduk Bumi dengan jumlah penduduk di Indonesia.

Jadinya seperti ini: 237.600.000 (jumlah penduduk Indonesia) : 365 (jumlah hari dalam setahun) = 650.958 (jumlah penduduk Indonesia yang merayakan ulang tahun di hari yang sama).

Bagaimana Kalau Tahun Kabisat?

Tahun kabisat punya tanggal 29 Februari. Tandanya, hari di tahun itu bertambah menjadi 366. Jadi, rumusnya juga berbeda. Tahun kabisat hanya terjadi empat tahun sekali. Jadi, kita harus menjumlahkan hari dalam empat tahun (3 tahun biasa dan 1 tahun kabisat).

Jumlah hari itulah yang digunakan untuk membagi jumlah penduduk di dunia. Jadinya seperti ini!

7.600.000.000 (jumlah penduduk Bumi) : 1461 (jumlah hari dalam empat tahun -3 tahun biasa dan 1 tahun kabisat) = 5.201.916 (jumlah orang yang merayakan ulang tahun di hari kabisat).

Namun, itu hanya rumus sederhana untuk mempermudah perkiraan kita. Jadi, jawabannya belum tentu akurat. Meski tidak akurat, setidaknya kita bisa membayangkan, berapa banyak orang yang mendapat kebahagiaan di hari ulang tahun kita.



Our Brands

Lihat Semua




Follow Us





Top