Cara Mudah Meredakan Nyeri pada Bayi Setelah Mendapat Suntik Vaksin

Blogs ● Cara Mudah Meredakan Nyeri pada Bayi Setelah Mendapat Suntik..


Mumsandbabes -

Diposting : 16 Jul 2018

Pemberian vaksin kepada Si Kecil sangat penting untuk menjaga kesehatan dan melindungi mereka dari penyakit berbahaya.

Memang vaksin kerap kali menimbulkan kerisauan pada kalangan orangtua akibat dari Si Kecil yang masih belia harus rela disuntik pada tubuhnya.

Tak hanya itu, bahkan setelah pemberian vaksin pun, beberapa bayi akan menderita efek samping seperti suhu tubuh menjadi tinggi, kemarahan dan bengkak di tempat suntikan.

Namun, percayalah Moms, efek samping tersebut hanya dirasakan oleh Si Kecil dalam sementara waktu.

Selain itu, jangan sampai efek samping yang akan dirasakan oleh Si Kecil setelah vaksin membuat Moms enggan memberikan vaksin kepada mereka.

Apabila efek samping yang dirasa oleh Si Kecil dapat membuat perasaan khawatir, Moms jangan ragu untuk memeriksakannya kepada dokter.

Akan tetapi, melansir dari laman momjunction.com, ada beberapa cara mudah yang dapat Moms lakukan untuk meredakan nyeri dari efek samping suntik vaksin pada Si Kecil.

Caranya sangat mudah dan tidak memerlukan obat-obatan tertentu untuk kembali membuat Si Kecil tenang setelah vaksin.

  1. Berikan Ketenangan

Bayi dapat menjadi kesal dan mengantuk bahkan dapat menolak makan selama beberapa jam setelah divaksinasi.

Dalam situasi seperti ini, Moms harus merencanakan beberapa kegiatan yang menenangkan Si Kecil ketika di rumah.

Jagalah agar suhu ruangan sejuk dan nyaman, serta pastikan Si Kecil mengenakan pakaian yang longgar.

  1. Selalu Pegang Si Kecil

Tetap berada dekat dengan Si Kecil, pegang erat-erat ketika dia mendapatkan suntikan, yang mana hal ini dapat membantu membuat Si Kecil tetap tenang.

Pegang lengan atas Si Kecil dan berikan dia kenyamanan saat sedang diberi suntik vaksin.

  1. Beri Si Kecil Makan

Sebisa mungkin Moms berikan ASI kepada bayi ketika ia sedang disuntik vaksin, karena para ahli percaya bahwa menyusui dapat mengurangi rasa sakit yang dirasa oleh Si Kecil ketika sedang divaksin.

Tak hanya itu, setelah melakukan vaksin pun Moms harus tetap menyusui Si Kecil karena bisa membantu menyembuhkan rasa sakit dari efek samping setelah vaksin.

  1. Kompres Si Kecil

Cara lain yang efektif untuk meredakan efek samping setelah vaksin adalah dengan memberikan kompres dingin di area yang sakit.

Hal ini akan membantu mengurangi rasa sakit di sekitar tempat suntikan, tapi jika situasi tidak membaik dalam 24 jam, Moms segera mungkin harus periksakan Si Kecil ke dokter.

  1. Berikan Mainan

Salah satu cara terbaik untuk membantu Si Kecil tenang setelah divaksinasi adalah dengan mengalihkan perhatiannya.

Berikan dia sebuah mainan yang dapat menarik perhatiannya untuk sementara waktu, atau bisa juga dengan memberikan tontonan kepada Si Kecil.

  1. Beri Gula

Gula dapat dengan mudah membantu bayi mengurasi intensitas rasa nyeri saat vaksinasi, trik ini sangat membantu untuk bayi di bawah usia enam bulan.

Moms dapat mencoba memberi bayi sedikit air gula sebelum dia divaksinasi atau mencelupkan dotnya ke dalam air gula dan setelah itu biarkan dia mengisapnya.

source : momjunction



Our Brands

Lihat Semua




Follow Us





Top