Bukan Sekedar Sayur, Kentang Bisa Meningkatkan Kognitif Si Kecil! Cek 4 Manfaat Lainnya!

Blogs ● Bukan Sekedar Sayur, Kentang Bisa Meningkatkan Kognitif Si K..


Mumsandbabes -

Diposting : 29 Aug 2018

Kentang menjadi salah satu sumber makanan yang mengandung karbohidrat, serat, serta berbagai jenis vitamin dan mineral. Meskipun begitu, sebagian orang cenderung menghindari kentang karena takut dietnya gagal karena berat badan jadi bertambah. Tetapi menurut para ahli, kentang yang bisa membuat tubuh gemuk seringkali disebabkan karena proses penyajiannya.

Misalnya, menggoreng dan menambahkan terlalu banyak minyak, garam, mentega, dan lain-lain. Sedangkan bila disajikan dengan cara yang sehat dalam ukuran porsi yang tepat, sayuran akar ini dapat memberikan sejumlah manfaat gizi.

Beberapa diantaranya bahkan sangat baik untuk otak, berikut manfaat kentang yang tak terduga:

1. Membantu mengurangi tekanan darah

Kentang merupakan pisau bermata dua dalam hal efeknbya terhadap tekanan darah. Itu disebabkan kandungan potasiumnya yang tinggi, yang sebagian besar ditemukan di kulit kentang. Dalam sebuah penelitian, kentang ungu (ubi) bisa berpengaruh pada penurunan tekanan diastolik dan sistolik pada individu yang kelebihan berat badan. Tidak seperti yang putih biasa, varietas ini kaya anthocyanin dan karotenoid.

2. Membantu merasa lebih kenyang

Kentang yang dikonsumsi sebagai diet seimbang dapat membantu menginduksi perasaan kenyang. Gabrielle Maston, juru bicara Dietitians Association of Australia, menyebut kentang adalah salah satu makanan yang paling memuaskanrasa lapar. "Jika Anda memiliki nafsu yang mengamuk sepanjang waktu, maka kentang adalah sumber makanan yang baik yang akan membantu Anda untuk mengekang nafsu makan," katanya. Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi juga dapat membantu tubuh memproses makanan.

3. Bermanfaat bagi otak

Kentang adalah salah satu sumber makanan terbaik vitamin B6, yang diperkirakan menyediakan hampir 0,37-0,60 mg dalam satu porsi sedang. Penelitian telah menunjukkan bahwa B6 berpengaruh dalam perkembangan otak anak-anak dan juga dapat memperlambat penurunan kognitif pada orang dewasa. Kentang dapat membantu tubuh melepaskan berbagai hormon (serotonin, norepinefrin, dan melatonin) yang dapat mengatur suasana hati, membantu mengatasi stres, dan memiliki siklus tidur yang sehat.

4. Booster energi untuk atlet

"Kentang dapat membantu memulihkan keseimbangan elektrolit," kata Victoria Jarzabkowski, ahli gizi dari Institut Kebugaran Texas di The University of Texas. "Natrium dan kalium, yang ditemukan dalam kulit kentang, adalah dua elektrolit penting, dan atlet kehilangan dua zat itu dalam keringat." Kentang, yang kaya akan vitamin A, dianggap sebagai salah satu karbohidrat terbaik bagi atlet untuk memenuhi tuntutan energi mereka yang tinggi. Kandungan potassium mereka juga dapat membantu tubuh mempertahankan tingkat cairan dan meredakan otot yang sakit.



Our Brands

Lihat Semua




Follow Us





Top