Benarkah Gurita Bisa Mencegah Bayi Kembung? Mitos atau Fakta!

Blogs ● Benarkah Gurita Bisa Mencegah Bayi Kembung? Mitos atau Fakta..


Mumsandbabes -

Diposting : 09 Apr 2018

Di awal kelahiran Si Kecil bukan hanya banjir ucapan selamat dan doa, tetapi juga kebanyakan ibu mendengar cukup banyak seputar mitos terkait perawatan bayi. Tak jarang nasihat atau mitos itu pun membuat bingung akan kebenarannya, terlebih bagi para ibu baru.Salah satu anggapannya yakni penggunaan gurita untuk bayi yang baru lahir.

Ada yang mengatakan gurita bisa mencegah bayi kembung, benar enggak ya Moms?

Menurut dr. Mirari P. Judio, SpA., MMed PhD, Spesialis Kesehatan Anak Rumah Sakit Hermina Podomoro, Jakarta dikutip Tabloid Nakita no.899 edisi 22 - 28 Juni 2016, gurita tidak untuk mencegah bayi kembung secara langsung. Tapi menurut Mirari cara kerja gurita pada bayi lahir membuat Si Kecil lebih tenang karena seolah-olah sama seperti saat ia dalam kandungan. Tubuhnya terasa hangat dan berdiam dengan gerakan terbatas.

Bila Si Kecil lebih tenang, tidak rewel dan minum susu dengan baik maka kembung dapat dihindari. Sementara untuk mengatasi kembung, sebagai langkah awal Moms bisa lakukan cara berikut ini:

Mengupayakan anak bersendawa dan buang angin

Moms bisa membantu Si Kecil untuk mengeluarkan semua gas yang tertampung dalam perutnya. Coba memintanya berbaring sambil tengkurap agar perutnya tertekan dan gas pun diharapkan bisa keluar.

Berikan pijatan lembut

Pijat lembut anggota tubuh anak seperti perut, punggung dan dada. Berikan tepukan pelan di bagian punggung sehingga Si Kecil terpancing untuk bersendawa. Moms juga dapat menggunakan minyak yang menghangatkan tubuh seperti minyak telon, untuk dibalurkan di area perut, punggung dan dada sembari memijat.

Minum air hangat

Minta Si Kecil untuk meminum air putih hangat sehingga perutnya terasa nyaman. Selain itu, air hangat akan mendorong anak untuk buang angin dan bersendawa.

Berikan obat-obatan

Jika cara diatas sudah dilakukan namun anak belum menunjukkan kemajuan, Moms dapat berkonsultasi ke dokter. Selain itu, penting untuk Moms mengajari Si Kecil agar anak makan dan minum dengan perlahan sehingga tidak menelan banyak udara. Ajari Si Kecil untuk makan tidak langsung banyak dan mengunyahnya dahulu agar dapat membantu organ pencernaan bekerja maksimal.

Pastikan anak makan tidak sambil berbaring karena gas di lambung akan suulit untuk dikeluarkan. Di samping itu berikan Si Kecil makanan yang mengandung serat, karena bisa membantu mencegah sembelit yang memicu perut kembung dan menjaga pencernaan tetap sehat. Jika ingin mengolah buah-buahan dan sayuran segar menjadi jus, sebaiknya membatasi penggunaan gula. Karena gula yang berlebih dapat menyebabkan gas menumpuk dalam perut.

sumber : nakita



Our Brands

Lihat Semua




Follow Us





Top