7 Cara Ampuh Membujuk Anak Susah Makan

Blogs ● 7 Cara Ampuh Membujuk Anak Susah Makan


Mumsandbabes -

Diposting : 16 Jan 2019

Nah, berikut ini beberapa upaya yang bisa Moms lakukan agar anak mau makan:

  1. Bila anak Anda tidak mau makan, jangan sekali-kali memaksanya. Cara Pemaksaan akan membuat anak menjadi trauma. Akibatnya, ia akan semakin sulit makan di kemudian hari. Karena itu, upayakan untuk mengetahui dulu apa yang menjadi penyebab anak susah makan.
  1. Penyebab anak tidak mau makan tersering adalah anak tidak merasa lapar. Hal ini disebabkan lambung masih cukup penuh terisi makanan atau minuman (susu) sehingga anak tidak ada rasa lapar. Oleh karena itu, aturlah jam makan anak dengan teratur. Lalu, sekitar 2 jam sebelum jam makan janganlah memberikan kudapan atau susu yang dapat membuatnya keburu kenyang.
  1. Perhatikan apa menu makanan kesukaan buah hati Anda. Coba buatlah variasi dari makanan kesukaannya tersebut. Dengan demikian diharapkan ia lebih berselera untuk makan. Nafsu makan si kecil akan meningkat.
  1. Coba Moms cicipi terlebih dulu makanan yang akan diberikan pada anak.

Apakah terasa enak atau sebaliknya? Jadi Anda juga tahu rasa makanan tersebut. Bayangkan, bila Anda saja merasa tidak enak, tentu tidak heran kalau anak pun tidak suka dengan makanan yang disajikan.

  1. Buatlah suasana makan yang menyenangkan. Tidak ada seorang pun yang merasa berselera makan kalau dalam kondisi stres atau suasana marah-marah. Terkadang karena kesal si kecil ogah makan, orang tua jadi memarahi anak.

  2. Bagi anak yang sudah agak besar, upayakan makan bersama menjadi kebiasaan. Momentum ritual makan bersama sekeluarga dengan suasana hangat akan membuat anak gembira karena berkumpul dengan kedua orang tuanya.

  3. Sekali-sekali berikan kesempatan pada anak untuk memilih menu makanan yang ingin disantapnya. Dengan begitu, ia akan berselera makan lantaran menu yang tersaji adalah pilihannya sendiri.

Selamat mencoba Moms, semoga selera makan Si Kecil kembali meningkat dan tidak sulit makan lagi, ya!

source : mother & baby



Our Brands

Lihat Semua




Follow Us





Top